Oktober 2, 2022

Prodi Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam

Fakultas agama islam universitas wiralodra

Profil Prodi

Program Studi Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam (BKPI) Universitas Wiralodra Indramyu berdiri pada tahun 2009. Program Studi memiliki jatidiri dan legalitas yang jelas. Visi, misi, dan tujuan Program Studi mencerminkan kekonsistenan dalam bidang Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam sebagai bidang utama yang dikembangkan sehingga arah pengembangan program menjadi lebih fokus.

Struktur manajemen Program Studi efisien dan efektif dengan jalur birokrasi yang sederhana dan tidak berbelit. Suasana kerja Program Studi yang demokratis dan transparan dengan nuansa kekeluargaan mendukung kinerja yang maksimal. Hal ini didukung oleh adanya rencana jangka panjang (renstra) yang baik, dengan adanya Renstra,  rencana kerja Program Studi lebih terarah.

Sistem penerimaan mahasiswa baru melalui jalur test potensi akademik memungkinkan Program Studi mendapatkan calon mahasiswa dengan kualitas yang baik. Mahasiswa memiliki banyaknya pilihan kegiatan ekstra kulikuler kemahasiswaan. Disamping itu mahasiswa juga mendapat  bantuan tutorial yang bersifat akademik dari dosen Pembimbing Akademik/Dosen Wali.

Jumlah rasio dosen dengan mahasiswa cukup baik. Seluruh dosen berpendidikan S2 dengan kehadiran pada perkuliahan yang  cukup tinggi. Program Studi melakukan pengembangan diri dosen secara terus menerus dengan mengirim dosen untuk studi lanjut, mengikuti seminar, lokakarya, kursus, workshop dan pelatihan.

Kurikulum Program Studi sesuai dengan visi dan misinya karena berisikan mata kuliah yang mengarah pada pencapaian tujuan Program Studi dan membekali mahasiswa dengan komptensi utama sebagai guru bimbingan konseling Islam. Stuktur dan isi kurikulum Program Studi mengacu pada Standar Kurikulum Nasional Perguruan Tinggi Agama Islam KKNI yang ditetapkan Menteri Agama RI. Kurikulum Program Studi  selalu direvisi dan disertai dengan silabus/SAP yang lengkap dan siap diberikan dalam perkuliahan sesuai dengan jadwal.   

Sehubungan dengan Peraturan Presiden RI Nomor 8 Tahun 2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) maka dibuatlah kurikulum Program Studi Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam . Tahun 2022 berubah menggunakan kurikulum Merdeka dengan melibatkan pimpinan Fakultas dan Pihak Rektoriat dibawah koordinasi Wakil Rektor Bidang Akademik dan Lembaga Penjamin Mutu Universitas Wiralodra Indramayu.

Suasana akademik Fakultas Agama Islam yang mendukung dan mutu interaksi dosen dengan mahasiswa relatif tinggi. Kegiatan ilmiah seperti seminar, kuliah umum dan pelatihan yang diadakan Fakultas dan Program Studi dalam rangka mendukung mahasiswa untuk memperoleh ilmu dengan lebih baik. Sumber dana Program Studi berasal dari mahasiswa dan cukup untuk pelaksanaan kegiatan rutin. Perencanaan anggaran  Program Studi berbasis Tri Dharma Perguruan Tinggi yang selanjutnya diperiksa oleh Yayasan dan diaudit oleh akuntan Publik.

Fasilitas ruang kuliah, perpustakaan dan lab. microteaching didukung perlengkapan yang baik dan berkualitas. Dosen dan Mahasiswa juga mendapatkan fasilitas internet gratis dengan sistem Network LAN Wireless.

Banyak dosen yang memiliki kemampuan dan kemauan untuk membuat penelitian dan karya tulis yang berbobot, serta melakukan kegiatan pengabdian masyarakat.  Publikasi karya ilmiah dosen melalui Jurnal Counselia dan Jurnal Risalah Fakultas Agama Islam Universitas Wiralodra.

Akhirnya, Program Studi Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam Unversitas Wiralodra Indramayu menunjukkan sikap optimisme dan kemampuan lembaga menjalankan visi, misi, dan tujuannya dalam menghasilkan sarjana Bimbingan Konseling Islam yang profesional dan akuntabel melalui proses pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang berkualitas.

Indramayu, 12 Mei 2022

Ketua Program Studi